Mobil Masjid, Masjid Portable Hasil Ciptaan Jepang

0
16

Dalam rangka menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020, Jepang sudah bersiap-siap menjadi tuan rumah. Salah satunya menyiapkan “Mobile Mosque” atau Masjid Mobil untuk para tamu dan peserta olimpiade Muslim yang ingin salat.

Masjid yang bergerak ini adalah truk besar yang terdapat ruang untuk salat bagi jamaah Muslim. Fasilitas ibadah berwarna putih-biru yang menarik perhatian itu akan tersedia di luar stadion di Jepang.

Inovasi Masjid Mobil ini berasal dari Yasu Project, perusahaan di Tokyo yang fokus pada olahraga dan acara budaya. Masjid di atas kendaraan itu diharapkan akan membuat para pengunjung Muslim tidak kesusahan mencari tempat untuk beribadah.

CEO Yasu Project, Yasuharu Inoue, mengatakan ide itu bermula dari kekhawatiran bahwa tidak akan ada cukup masjid bagi pengunjung Muslim pada tahun 2020. Padahal, Jepang menganggap dirinya bagian dari komunitas internasional. Inoue menambahkan, inspirasi untuk proyek itu datang kepadanya dalam perjalanan ke Qatar empat tahun lalu. Inoue mengaku sudah sejak lama berteman dengan banyak kalangan Muslim terutama dengan negara-negara di Timur Tengah seperti Qatar, Arab Saudi dan sebagainya.

Awalnya, penyelenggara proyek berencana untuk menargetkan proyek Masjid Mobil itu pada acara olahraga internasional baik di Jepang maupun di luar negeri. Inoue berharap proyek ini akan melakukan lebih dari sekadar mengisi celah dalam infrastruktur keagamaan.

Masjid Mobil rancangan perusahaannya dapat melakukan perjalanan ke berbagai tempat Olimpiade sesuai kebutuhan. “Sebagai negara yang terbuka dan ramah, kami ingin berbagi gagasan ‘omotenashi‘ (keramahan Jepang) dengan orang-orang Muslim,” kata Yasuharu Inoue. Masjid Mobil pertama diresmikan awal pekan ini di luar Toyota Stadium, tempat J-League di Kota Toyota. Kota ini juga merupakan markas besar perusahaan mobil dengan nama yang sama.

Bagian belakang truk 25 ton dimodifikasi dengan menggandakan lebar truk dan diperlengkapi 4 unit AC. Di dalamnya terdapat ruang seluas 48 meter persegi yang dapat menampung 50 orang. Truk yang dimodif agar bisa menjadi mobil berjalan dilengkapi tempat wudhu, penunjuk arah kiblat, sajadah dan kelengkapan lain.

Diperkirakan ada 100.000 hingga 200.000 orang Muslim tinggal di Jepang.

Tatsuya Sakaguchi, seorang tamu Jepang, berharap Masjid Mobil akan membantu membuka pikiran orang-orang di seluruh dunia. “Melihat dari luar terhadap orang-orang di masjid, mereka terlihat sangat bahagia,” kata Sakaguchi, wakil direktur dari perusahaan ritel Osaka.

“Saya sedang memikirkan produksi di Indonesia mungkin kalau memang berpotensi bisnis bagus, lalu diekspor ke berbagai negara khususnya negara Islam,” kata Inoue

Perusahaan yang dipimpin Inoue terdaftar sebagai pendukung Olimpiade 2020 dan dengan mudah menempatkan masjid berjalan di kamp atlet negara tertentu apabila ada permintaan sebagai tempat salat di sana.

“Kita sangat mendukung kalangan Muslim di dunia. Tampaknya dengan mobil berjalan ini akan semakin memudahkan kalangan Muslim mendekatkan diri dengan Allah, menjalankan salat lima waktu dengan baik,” kata dia.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Inoue sudah bertemu beberapa pengusaha, mencari tahu kemungkinan investasi di Indonesia yang menurutnya sangat tepat untuk usaha mobil berjalan yang dibanderol per unitnya 100 juta yen.

Ia berharap mobil berjalan diproduksi di Indonesia dengan ongkos lebih murah, sehingga bisa diekspor ke negara Muslim dengan harga bersaing.

Paten dan hak cipta mobil berjalan ini mulai didaftarkan di sekitar 23 negara di dunia termasuk nantinya di Indonesia. -Dikutip dari https://international.sindonews.com/read/1325412/46/mengintip-masjid-mobil-di-jepang-untuk-tamu-muslim-1532625471

Nah, itulah informasi menarik tentang mobil masjid di Jepang. Supaya perjalanan kalian lebih mudah dan menghemat waktu caranya gampang banget. Kalian bisa menggunakan aplikasi Halal Local yang bisa kalian download disini. Temani Halal Trip-mu dengan Halal Local.

Halal Local, Your Halal Buddy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here