2 Makanan Halal Khas Jepang, Sushi dan Takoyaki

0
302

Liburan ke Jepang kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya, walapun makanan Jepang mudah dijumpai di Indonesia, tentu terasa lebih nikmat jika menyantap langsung dari tempat asalnya. Kali ini kita punya informasi tentang 2 makanan khas Jepang. Yap, sushi dan takoyaki.

1. Sushi

Sushi adalah makanan khas Jepang berupa nasi yang dibentuk dengan lauk berupa sayuran dan makanan laut mentah maupun matang. Awal terciptanya makanan ini datang dari kebiasaan mengawetkan ikan menggunakan beras dan cuka oleh masyarakat dari daerah pengunungan di Asia Tenggara. Pada awalnya rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk perayaan tertentu, karena makanan ini identik dengan makanan mewah, sampai akhir tahun 1980-an stigma ini mulai hilang seiring menjamurnya kedai makan sushi di Jepang.

2. Takoyaki

Takoyaki adalah cemilan populer yang menjadi ikon kota Osaka, Jepang. Saking populernya, mayoritas warga Osaka mempunyai wajan pembuat takoyaki di rumahnya. Makanan berbentuk bulat-bulat kecil ini dibuat dari adonan tepung berisi potongan gurita. Awalnya takoyaki merupakan adaptasi kuliner Prancis yang terbuat dari adonan tepung. Ketika “Gempa Bumi Besar Kanto” melanda Jepang pada tahun 1923, takoyaki menjadi makanan pengganti nasi bagi korban yang selamat. Mulai saat inilah takoyaki semakin populer di Jepang.

Ingin mencoba kedua kuliner tersebut tapi ragu akan ke-halal-annya. Teman-teman bisa menggunakan aplikasi Halal Local untuk mencari info penjual makanan halal di seluruh dunia. Selain itu aplikasi Halal Local menyediakan informasi seperti lokasi tempat ibadah, waktu sholat, arah kiblat, dan informasi lain seputar Halal Trip.

Halal Local, Your Halal Buddy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here