Candi Prambanan, Tempat Wisata Penuh Sejarah Paling Popular Di Jogja

0
803

Ketika kita berbicara mengenai candi hindu terbesar di Indonesia, tentu jawabannya adalah
candi Prambanan. Memang benar, candi prambanan telah dinobatkan sebagai candi hindu
terbesar di Indonesia, dan menjadi candi terbesar ke 2 setelah Borobudur. Perlu anda catat, candi Borobudur merupakan candi Buddha, sehingga ketika berbicara mengenai candi Hindu terbesar maka jawabannya tentu saja prambanan.
Candi perambanan sendiri terdiri dari beberapa candi dengan 3 candi utama yang paling besar yaitu Wishnu, Brahma dan Shiwa. Hal ini sesuai dengan kepercayaan umat hindu yang mengamalkan 3 ajaran trimurti yaitu menciptakan, memelihara dan melebur. Untuk
mengetahui lebih jauh mengenai asal usulnya, berikut ada informasi singkat tentang sejarah candi prambanan yang saya ulas secara ringkas.

Mengenal sejarah candi prambanan di Yogyakarta
Candi prambanan atau juga dikenal dengan nama candi Loro Jonggrang ini dibangun ketika
masa kerajaan, tepatnya pada abat ke-9 masehi. Sebenarnya nama kompleks candi ini adalah Siwagrha atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rumah Siwa, hal ini bisa dilihat dari sebuah keterangan yang tertulis di prasati siwagrha yang berada disekitar candi prambanan.
Candi prambanan sendiri didirikan oleh rakai pikatan dengan tujuan untuk menyaingi beberapa candi yang sudah terlebih dahulu di bangun, yaitu candi budha Borobudur dan candi sewu. Candi-candi ini memang terletak dalam satu kawasan yang tidak terlalu jauh, sehingga aroma persaingan antar kerajaan untuk menciptakan bangunan yang megah dan mewah selalu muncul.

Alamat serta jalan menuju candi perambanan
Setelah kita mengenal sedikit sejarah candi perambanan di atas, mungkin membuat anda ingin mengunjunginya saat liburan nanti. Nah, bagi anda yang tertarik untuk berlebur ke komplek candi Prambanan, berikut ini ada informasi mengenai alamat serta jalan untuk menuju ke candi Prambanan.
Candi Prambanan beralamatkan di Jln. Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman Yogyakarta 55571. Untuk mencapai alamat tersebut sangatlah mudah, bagi anda yang datang dengan naik pesawat dan mendarat di bandara internasional Adi Sucipto bisa langsung memesan taksi online maupun konvensional untuk mengantarkan ke candi Prambanan. Cukup membutuhkan waktu 15 menit saja untuk mencapai candi jika berangkat dari bandara.

Nah, mungkin hanya itu informasi singkat mengenai sejarah candi prambanan serta alamat
nya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here